Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Mengikuti Pembelajaran Daring di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Mahmudah, Rifa'atul and Alfaruqy, Muhammad Zulfa (2021) Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru yang Mengikuti Pembelajaran Daring di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
108Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian diri mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Hipotesis yang diajukan adalah dukungan sosial orang tua memiliki hubungan positif dengan penyesuaian diri mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini melibatkan 208 mahasiswa baru dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebagai partisipan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Penyesuaian Diri (35 butir, α = 0,884), dan Skala Dukungan Sosial Orang Tua (42 butir, α = 0,955). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi rxy = 0,343 dengan nilai p = 0,000 (p<0,05). Dukungan sosial orang tua memiliki sumbangan efektif sebesar 9,2% terhadap penyesuaian diri dan sisanya 90,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan penyesuaian diri mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Orang tua memiliki peran dalam memberikan dukungan sosial dalam membantu menangani permasalahan pembelajaran daring agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan baik. Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi variabel lain yang menjadi faktor dalam mempengaruhi proses penyesuaian diri mahasiswa baru pada pembelajaran daring. Kata kunci: penyesuaian diri, dukungan sosial orang tua, pembelajaran daring

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:83864
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Dec 2021 13:22
Last Modified:21 Dec 2021 13:22

Repository Staff Only: item control page