Analisis Kinerja Operasi Dan Pemeliharaan Menara Telekomunikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Solusindo Kreasi Pratama

Rishna, Youke Nila (2010) Analisis Kinerja Operasi Dan Pemeliharaan Menara Telekomunikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Solusindo Kreasi Pratama. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
99Kb

Abstract

PT Solusindo Kreasi Pratama adalah perusahaan di bidang telekomunikasi dengan melakukan persewaan menara telekomunikasi kepada operator seluler yang ada di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, PT Solusindo Kreasi Pratama selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan guna mencapai kepuasan pelanggan. Dalam upaya tersebut, ternyata diketahui masih adanya keluhan pelanggan, sehingga perusahaan berusaha meminimalkan keluhan tersebut. Kinerja operasi dan pemeliharaan merupakan inisiatif yang mengacu pada kepuasan pelanggan. Lovelock & Wright mendefinisikan bahwa kinerja operasi merupakan hasil kerja yang dicapai oleh pegawai dalam mengalokasikan asset operasi jasa yang di dalamnya terdapat strategi pengelolaan sumber daya perusahaan dan sumber daya manusia secara efektif. Sehingga di dalam mencapai kepuasan pelanggan tersebut, PT Solusindo Kreasi Pratama harus mempunyai kinerja operasi yang berkualitas di dalam melakukan pemeliharaan menara telekomunikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh kinerja operasi dan pemeliharaan yang dilakukan perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan terhadap pelanggan PT Solusindo Kreasi Pratama dan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 95 responden dengan menggunakan teknik area sampling. Berdasarkan hasil penelitian regresi berganda, diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 3,788 + 0,820 X1 + 0,509 X2. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa kinerja operasi dan pemeliharaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Maka dengan peningkatan kondisi kinerja operasi dan pemeliharaan akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kinerja Operasi, Pemeliharaan, Kepuasan Pelanggan
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:8379
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Apr 2010 00:27
Last Modified:10 Apr 2010 00:27

Repository Staff Only: item control page