FAKTOR PERILAKU DAN LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAHOROK KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA)

PRATIWI, ERIKA WIDYA (2021) FAKTOR PERILAKU DAN LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAHOROK KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Berdasarkan survei awal yang dilakukan peneliti di Puskesmas Bahorok Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat dengan melihat kondisi lingkungan yang masih jauh dari perkotaan dan keadaan lingkungan rumah yang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Februari 2021 di wilayah kerja Puskesmas Bahorok Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat sejumlah 110 KK. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariate menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,4% rumah respondendinyatakan tidak ditemukan larva Aedes aegypti. Faktor yang berhubungan dengan keberadaan larva Aedes aegypti dalam penelitian ini yaitu pengetahuan (p-value 1,000), sikap (p-value 0,821), ketersediaan tutup TPA (p-value 0,001), dan jenis TPA (p-value 0,395). Sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan keberadaan larva Aedes aegypti dalam penelitian ini yaitu mobilitas penduduk (p-value 0,502), keberadaan pasar (p-value 0,821), dan tempat ibadah (p-value 1,000). Untuk mengurangi adanya keberadaan larva Aedes aegypti disarankan agar setiap masyarakat dan stakeholder bekerjasama untuk mencegah adanya larva dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat meniadakan tempat-tempat yang berpotensi untuk kelangsungan siklus hidup nyamuk. Kata Kunci : DBD, larva nyamuk Aedes aegypti, perilaku, lingkungan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83682
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2021 10:54
Last Modified:04 Oct 2021 10:54

Repository Staff Only: item control page