TELAAH SEMANTIK LEMA PEKERJAAN DI BIDANG TRANSPORTASI PADA KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA V DALAM JARINGAN (KOMPONEN MAKNA DAN ANOTASI GENDER)

Tri Wahyuni, TW (2021) TELAAH SEMANTIK LEMA PEKERJAAN DI BIDANG TRANSPORTASI PADA KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA V DALAM JARINGAN (KOMPONEN MAKNA DAN ANOTASI GENDER). Masters thesis, Universitas Diponegoro Semarang.

[img]
Preview
PDF (Thesis) - Accepted Version
2303Kb

Abstract

Tesis ini merupakan bentuk kajian semantik terhadap lema pekerjaan di bidang transportasi pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V dalam Jaringan. Tujuan penulisan tesis ini adalah (1) mengidentifikasi pola definiens dan definiendum dalam pendefinisian lema pekerjaan di bidang transportasi di KBBI V Daring, (2) mendeskripsikan penjabaran komponen makna lema pekerjaan di bidang transportasi di KBBI V Daring, (3) menjelaskan pola pendefinisian lema pekerjaan di bidang transportasi dilihat dari korpus, dan (4) memaparkan adanya anotasi gender tertentu pada lema pekerjaan di bidang transportasi pada KBBI V Daring. Penelitian deskriptif analitis ini menggunakan metode observasi dengan teknik padan dan HBSP (hubung banding menyamakan hal pokok). Data primer yang digunakan berupa lema pekerjaan di bidang transportasi di KBBI V Daring dan data sekunder berupa penelusuran kolokasi lema pekerjaan dengan memanfaatkan existing corpus (Leipzig Corpora dan WebcorpLive) yang merupakan korpus berbasis web dan non-existing corpus (penggunaan aplikasi AntConc dengan data dasar). Data dasar berupa berita utama di lima media massa nasional daring, antara lain, Kompas, Tempo, Republika, Sindo, dan media Indonesia). Hasil telaah semantik dengan analisis komponen makna dan kolokasi korpus pada lema pekerjaan di bidang transportasi pada KBBI V Daring menunjukkan bahwa 1) lema pekerjaan di KBBI V Daring berupa bentuk dasar, bentuk berimbuhan, dan gabungan kata, 2) pola definiens dan definiendum lema pekerjaan di KBBI V Daring belum terukur secara jelas. Terdapat definisi berupa padanan yang memiliki kecenderungan obstruent (makna berputar-putar) yang membingungkan pengguna, 3) pola pendefinisian lema pekerjaan di bidang transportasi di KBBI V Daring mengabaikan konsistensi peletakan genus proximus dan differentia spesifica, serta pemanfaatan komponen makna sehingga ada unsur pembeda yang lesap dari pendefinisian, 4) masih ada anotasi gender pada beberapa lema pekerjaan di bidang transportasi yang sudah tidak relevan dengan fakta di lapangan, lebih banyak lema pekerjaan di bidang transportasi berkategori netral dibandingkan yang khusus menyebut gender tertentu. Namun, jumlah lema pekerjaan dengan gender laki-laki cenderung lebih dominan dibandingkan lema gender perempuan, 5) terdapat 26 lema pekerjaan di bidang transportasi yang belum tercantum di dalam KBBI V Daring.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Silakan mebghubungi Perpustakaan Magister Linguistik jika membutuhkan fail ini
Uncontrolled Keywords:semantik, definiens dan definiendum, komponen makna, korpus
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:83581
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:17 Sep 2021 14:21
Last Modified:17 Sep 2021 14:21

Repository Staff Only: item control page