KAJIAN EFEKTIVITAS PROGRAM PENGENDALIAN BANJIR DAN ROB TERHADAP PENGHIDUPAN MASYARAKAT KELURAHAN BANDARHARJO, KECAMATAN SEMARANG UTARA

INDRIANI, Putri and RUDIARTO, Iwan (2021) KAJIAN EFEKTIVITAS PROGRAM PENGENDALIAN BANJIR DAN ROB TERHADAP PENGHIDUPAN MASYARAKAT KELURAHAN BANDARHARJO, KECAMATAN SEMARANG UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Judul)
343Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
657Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
86Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
120Kb

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota di wilayah pesisir yang mengalami bencana banjir dan rob akibat kenaikan muka air laut selama puluhan tahun. Terdapat beberapa kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah laut jawa yang mengalami dampak terparah dari bencana banjir dan rob, salah satunya adalah Kecamatan Semarang Utara, Kelurahan Bandarharjo. Dampak dari bencana banjir dan rob yang terjadi, sangat berpengaruh terhadap kehidupan tiap rumah tangga, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Hal ini menyebabkan, masyarakat setempat harus dapat melakukan upaya mitigasi untuk tetap bertahan di wilayahnya sendiri. Menindaklanjuti bencana yang ada, tak hanya masyarakat, pemerintah juga berupaya untuk melakukan mitigasi di wilayah yang terkena dampak. Upaya mitigasi yang dilakukan dalam menghadapi bencana banjir dan rob dapat dilihat dengan adanya program pengendalian banjir dan rob. Pemerintah Kota Semarang merespon permasalahan ini dengan menjadikannya sebagai isu strategis dalam RPJMD Kota Semarang tahun 2010-2015 dan tahun 2016-2021 yang kemudian ditindaklajuti dengan adanya Perda No.7 Tahun 2014 Tentang Rencana Induk Sistem Drainase Semarang tahun 2011-2031 yang bertujuan untuk mengurangi wilayah banjir 50%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:83532
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:07 Sep 2021 16:16
Last Modified:07 Sep 2021 16:16

Repository Staff Only: item control page