PENGARUH KARAKTERISTIK MAHASISWA TERHADAP PREFERENSI DAN KETERSEDIAAN HUNIAN MAHASISWA DI KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TEMBALANG

PRASTIWI, Sekar Kharisma Ardhia and DEWI, Santy Paulla (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK MAHASISWA TERHADAP PREFERENSI DAN KETERSEDIAAN HUNIAN MAHASISWA DI KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TEMBALANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Judul)
383Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2149Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
29Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
242Kb

Abstract

Kawasan Tembalang sesuai fungsinya sebagai kawasan pendidikan tinggi (KPT), telah berkembang pesat sejak dipindahkannya Universitas Diponegoro dari Pleburan ke kawasan ini tahun 2010. Pesatnya perkembangan kawasan tersebut menjadi salah satu indikasi terjadinya proses studentifikasi pada KPT Tembalang. Proses studentifikasi merupakan proses perkembangan kawasan yang berawal dari tingginya konsentrasi aktivitas mahasiswa di KPT hingga membawa perubahan sruktur sosial, ekonomi, budaya dan fisik pada kawasan. Salah satu akibat dari terjadiya proses ini adalah laju konversi lahan tidak terbangun menjadi lahan terbangun sebesar 31,8% dari total luas kawasan. Akibatnya hunian mahasiswa lebih dominan dibanding hunian masyarakat asli di KPT Tembalang. Hal tersebut terjadi karena proses studentifikasi menuntut kawasan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang salah satunya adalah kebutuhan hunian.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:83510
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:06 Sep 2021 14:50
Last Modified:06 Sep 2021 14:50

Repository Staff Only: item control page