EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG TEMATIK BERBASIS PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KAMPUNG SENTRA BANDENG, TAMBAKREJO SEMARANG

SARAGIH, Erika and ESARITI, Landung (2021) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG TEMATIK BERBASIS PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KAMPUNG SENTRA BANDENG, TAMBAKREJO SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Judul)
515Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1096Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
12Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
205Kb

Abstract

Salah satu program yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk mengurangi kemiskinan adalah Gerbang Hebat. Program Gerbang Hebat memiliki inovasi yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kawasan kumuh dan mengurangi angka kemiskinan yaitu Kampung Tematik. Kampung Sentra Bandeng, Tambakrejo, Gayamsari merupakan salah satu program kampung tematik yang diimplementasikan pada tahun 2016 dengan fokus pengembangan utama bandeng. Kelurahan Tambakrejo termasuk dalam kawasan kumuh di Kota Semarang dan memiliki penduduk miskin. Efektivitas kampung tematik perlu diukur untuk melihat capaian target pemerintah yang telah ditetapkan sebelumnya terutama untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini sesuai dengan hal yang disampaikan oleh Bappenas yaitu pengarusutamaan gender merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas seluruh kebijakan/program di seluruh sektor pembangunan. Pengarusutamaan gender juga bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan fungsional instansi dan lembaga pemerintah. Kondisi ini menunjukkan bahwa program pembangunan sebaiknya menyertakan pengarusutamaan gender.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
ID Code:83501
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:06 Sep 2021 11:33
Last Modified:06 Sep 2021 11:33

Repository Staff Only: item control page