PEMANFAATAN FUNGSI EKONOMI HUTAN MANGROVE BERBASIS SMART ECONOMY DI KELURAHAN MANGUNHARJO, KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG

MAULIA, Tiyas and MUSSADUN, Mussadun (2020) PEMANFAATAN FUNGSI EKONOMI HUTAN MANGROVE BERBASIS SMART ECONOMY DI KELURAHAN MANGUNHARJO, KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF (Judul)
377Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
437Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
21Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
151Kb

Abstract

Hutan mangrove sebagai ekosistem produktif selain memegang peran penting dalam melindungi wilayah pesisir dari dampak perubahan iklim juga memiliki fungsi ekonomi yang bermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Kelurahan Mangunharjo sebagai salah satu kawasan pesisir di Kota Semarang telah berhasil dalam merehabilitasi hutan mangrovenya dari kerusakan yang secara tidak langsung telah turut memperbaiki fungsi ekonominya. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh beberapa masyarakat untuk membangkitkan ekonomi lokalnya dengan berbasis pemanfaatan mangrove dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah disepakati antara komunitas peduli mangrove dengan pelaku kegiatan. Adanya intergrasi antara upaya pengembangan ekonomi dengan perlindungan ekologi merupakan salah satu komponen penting pada penerapan smart economy.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:83459
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Aug 2021 14:19
Last Modified:25 Aug 2021 14:19

Repository Staff Only: item control page