ANALISIS DIFUSI INOVASI PADA INOVASI PRODUK BATIK DI KELURAHAN JENGGOT DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL KOTA PEKALONGAN

ISRA, Aulia Rachmi and MUKTIALI, Mohammad (2020) ANALISIS DIFUSI INOVASI PADA INOVASI PRODUK BATIK DI KELURAHAN JENGGOT DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Judul)
754Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
621Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
319Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
271Kb

Abstract

Terjadinya perkembangan sebuah inovasi di wilayah tertentu, tidak terlepas dari adanya difusi inovasi. Difusi inovasi ini terjadi karena adanya proses interaksi sosial oleh pelaku terkait di wilayah tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Rogers (2003), bahwa difusi inovasi merupakan suatu proses ketika inovasi dikomunikasikan atau disebutkan melalui saluran tertentu selama jangka waktu tertentu terhadap anggota suatu sistem sosial, yang kemudian inovasi tersebut menjadi bagian dalam system social tersebut. Dengan adanya difusi inovasi, maka suatu wilayah akan mengalami perubahan kondisi tertentu yang diakibatkan adanya pengaruh dari inovasi yang muncul, yang mana akan berperan dalam pengembangan kualitas mutu dari wilayah tersebut. Seperti yang terjadi di Kelurahan Jenggot, muncul atau masuknya motif baru seperti polkadot dan abstrak mempengaruhi perubahan keadaan pasar, dan arah perkembangan motif batik yang ada di kelurahan tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:83424
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2021 12:31
Last Modified:23 Aug 2021 12:31

Repository Staff Only: item control page