PERUBAHAN FONOLOGIS KOSAKATA SERAPAN BAHASA PERANCIS PADA BAHASA INDONESIA (PENDEKATAN FONOLOGI TRANSFORMASI GENERATIF)

Masthuroh, Siti Ayu (2021) PERUBAHAN FONOLOGIS KOSAKATA SERAPAN BAHASA PERANCIS PADA BAHASA INDONESIA (PENDEKATAN FONOLOGI TRANSFORMASI GENERATIF). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1856Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Kosakata serapan dalam fenomena kebahasaan terjadi karena adanya kontak bahasa yang mengarah pada proses interaksi dan saling mempengaruhi antara satu bahasa dengan bahasa lainnya menyebabkan munculnya. Hubungan saling mempengaruhi antar bahasa ini dapat dilihat pada bahasa Perancis dengan bahasa Indonesia. Kosakata serapan dari bahasa Perancis dalam bahasa Indonesia dapat dikategorikan menjadi dua kasus yaitu kosakata yang terserap secara langsung dan kosakata yang terserap secara tidak langsung. Kosakata serapan bahasa Perancis yang terserap secara tidak langsung yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kosakata serapan bahasa Perancis yang terserap ke dalam bahasa Indonesia melalui bahasa Belanda. Penelitan ini bertujuan menjelaskan jenis-jenis proses fonologis serta kaidah-kaidahnya pada kosakata bahasa Perancis yang terserap secara langsung maupun tidak langsung ke dalam bahasa Indonesia dan faktor yang mempengaruhi perubahan bunyi. Data penelitian yang digunakan berasal dari rujukan ilmiah berupa kamus etimologi Loanwords in Indonesian and Malay oleh Russel John (2008) yang dikonversi dalam data fonetis untuk mengetahui proses dan perubahan bunyi yang terjadi. Data penelitian dianalisis menggunakan teori fonologi transformasi generatif. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa proses fonologis serta kaidah-kaidah perubahan bunyi seperti: (1) proses struktur silabel; (2) pemendekan bunyi; (3) Fisi atau pemisahan bunyi; (4) penguatan dan pelemahan bunyi (5) perubahan segmen bunyi menjadi bunyi lain. Faktor yang melatarbelakangi perubahan fonologis adalah perbedaan pengelompokan genealogis bahasa dan perbedaan sistem fonologi yang meliputi perbedaan bunyi vokal, perbedaan bunyi konsonan dan perbedaan struktur silabel. Kata kunci: bahasa Indonesia, bahasa Perancis, kosakata serapan, perubahan fonologis.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:bahasa Indonesia, bahasa Perancis, kosakata serapan, perubahan fonologis.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:83381
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:09 Aug 2021 13:31
Last Modified:09 Aug 2021 13:31

Repository Staff Only: item control page