REPRESENTASI SISTEM WARNA DALAM LAGU BERBAHASA INDONESIA, INGGRIS, DAN ARAB

Umam, Khaerul (2021) REPRESENTASI SISTEM WARNA DALAM LAGU BERBAHASA INDONESIA, INGGRIS, DAN ARAB. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Other
2812Kb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Sistem Warna Dalam Lagu Berbahasa Indonesia, Inggris, dan Arab”. Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk relativitas bahasa dalam kaitannya dengan sistem warna sebagai simbol dan metafora. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian pustaka. Metode analisis pada penelitian ini adalah metode content analysis dan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna merah merupakan simbol titik terang, larangan, keberanian, peringatan, adanya masalah, berhenti, dan pelanggaran berat, keberanian, tidak dapat dilampaui, dan pembunuhan. Warna merah mempunyai metafora marah, keberanian, dan cinta. Warna biru digunakan sebagai simbol bangsawan, kesombongan, kesedihan, posisi sosial, sedih, kedalaman entitas. Warna biru mempunyai metafora keresahan, dan kesedihan, dan kehilangan. Warna kuning merupakan simbol pernikahan, kematian, peringatan, berhati-hati, kebahagiaan, persahabatan, tawa sarkastik dan pesawat penjajah. Warna kuning mempunyai metafora kebahagiaan, keberagaman dan keberagamaan, dan kepalsuan. Warna putih merupakan simbol kesucian, kebaikan, gaun pengantin dan kemurnian. Warna putih mempunyai metafora kebaikan, kesucian, kelahiran, kematian pernikahan, Natal. Warna hitam adalah simbol keburukan, PSK, kelam, keburukan, dan derita, sihir jahat, watak buruk, kegelapan, dan pemimpin UEA. Warna hitam metafora keburukan, sihir jahat, kisah hidup yang buruk. Warna hijau digunakan sebagai simbol TNI, memperbolehkan, uang, dan kealamian, Arab Saudi, timnas Arab Saudi, ketidakdewasaan dan kurangnya pengalaman, dan perdamaian.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Dr. Deli Nirmala, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:Representasi Warna dalam Lagu, Simbol Warna, Metafora Warna, Proses Embodiment dan Proses Kognitif.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:83363
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Aug 2021 20:42
Last Modified:04 Aug 2021 20:42

Repository Staff Only: item control page