FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI PUSKESMAS SRONDOL KOTA SEMARANG.

BUTARBUTAR, DEBY HIZKY (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI PUSKESMAS SRONDOL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh novel coronavirus. Tenaga kesehatan dan non-kesehatan yang bekerja di Puskesmas menjadi kelompok rentan terinfeksi COVID-19. Hal ini disebabkan oleh lingkungan dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan tenaga kesehatan dan non-kesehatan untuk kontak langsung dengan penderita. Upaya pencegahan yang dapat diterapkan adalah praktik personal hygiene. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik personal hygiene pada tenaga kesehatan dan non-kesehatan dalam pencegahan COVID-19 di Puskesmas Srondol Kota Semarang. Metode penelitian menggunkaan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan data dianalisis menggunakan uji chi square. Teknik sampling menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 48 pekerja yang bekerja di Puskesmas Srondol. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p-value 0,00), bidang pekerjaan (p-value 0,041) dan pelatihan (p-value 0,00) dengan praktik personal hygiene. Tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara sikap, tingkat pendidikan, masa bekerja dan ketersediaan fasilitas kebersihan pribadi. Kesimpulan bahwa mayoritas responden telah menerapkan praktik personal hygiene yang baik, namun masih ditemukan sebagian kecil responden tidak taat dalam menerapkan praktik personal hygiene. Kata kunci: Petugas Puskesmas; praktik personal hygiene; COVID-19

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83349
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jul 2021 15:04
Last Modified:28 Jul 2021 15:04

Repository Staff Only: item control page