ANALISIS SPASIAL FAKTOR IKLIM, KEPADATAN DAN MOBILITAS PENDUDUK YANG BERHUBUNGAN DENGAN SEBARAN KASUS COVID-19 (Studi di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal dan Kota Semarang Tahun 2020)

KRISDIYAWATI, KRISDIYAWATI (2021) ANALISIS SPASIAL FAKTOR IKLIM, KEPADATAN DAN MOBILITAS PENDUDUK YANG BERHUBUNGAN DENGAN SEBARAN KASUS COVID-19 (Studi di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal dan Kota Semarang Tahun 2020). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Faktor iklim mempengaruhi perkembangan dan efisiensi penularan virus. Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal dan Kota Semarang merupakan wilayah yang memiliki stasiun BMKG di Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis spasial faktor iklim, kepadatan dan mobilitas penduduk terhadap sebaran kasus COVID-19. Metode penelitian observasional analitik menggunakan desain cross-sectional. Sampel studi adalah kejadian COVID-19 bulan November-Desember 2020 di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal dan Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian COVID-19 terlihat pada suhu rata-rata tinggi dan kelembaban rendah berkorelasi signifikan di Kabupaten Tegal (p-value=<0,05), curah hujan rendah dan kecepatan angin sedang tidak signifikan di semua wilayah penelitian, kepadatan tinggi berkorelasi signifikan di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Tegal (p-value=<0,05), dan mobilitas penduduk tinggi berkorelasi signifikan di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, dan Kota Semarang (p-value=<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Tegal berhubungan dengan faktor iklim yaitu suhu rata-rata dan kelembaban. Kepadatan penduduk dengan sebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Tegal, sedangkan mobilitas penduduk berhubungan dengan sebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, dan Kota Semarang. Kata kunci : COVID-19, Iklim, Kepadatan, Mobilitas, GIS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83270
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jul 2021 10:08
Last Modified:08 Jul 2021 10:08

Repository Staff Only: item control page