PERUBAHAN KUALITAS AIR SUNGAI DAN WATERBORNE DISEASES DI KABUPATEN BOYOLALI (STUDI AIR SUNGAI GANDUL, SUNGAI CEMORO, DAN SUNGAI PEPE)

AFIF, YUSUF (2021) PERUBAHAN KUALITAS AIR SUNGAI DAN WATERBORNE DISEASES DI KABUPATEN BOYOLALI (STUDI AIR SUNGAI GANDUL, SUNGAI CEMORO, DAN SUNGAI PEPE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Pencemaran lingkungan dapat terjadi akibat dari kegiatan industri, peternakan, pertanian dan aktivitas domestik. Terdapat beberapa parameter yang mengidentifikasikan pencemaran dan menyebabkan gangguan kesehatan pada masyarakat serta mengganggu ekosistem perairan antara lain BOD, COD, DO, Deterjen dan Fecal Colifrom. Di negara – negara berkembang berpenduduk banyak seperti India, Bangladesh termasuk Indonesia, 85% cemaran air permukaan berasal dari aktivitas domestik. Pencemaran lingkungan pada air dapat menimbulkan berbagai macam penyakit di masyarakat yang tinggal sekitarnya. Menurut WHO (World Health Organization) terdapat 829.000 kematian pada tahun 2016 akibat penyakit diare, salah satu faktornya ialah pencemaran air.Penelitian data sekunder ini menganalisis parameter kualitas air sungai (BOD, COD, DO, Deterjen dan Fecal Coliform) dengan kejadian Waterborne diseases di Kabupaten Boyolali tahun 2017 – 2019. Penelitian ini merupakan penelitian jenis time seriesdengan rancangan penelitian data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder kualitas air sungai (Sungai Gandul di daerah Cepogo, Sungai Pepe di daerah Boyolali, dan Sungai Cemoro di daerah Simo) dan kejadian waterborne diseases di Kabupaten Boyolali. Data yang digunakan merupakan data tahunan selama 3 tahun yaitu dari 2017 hingga 2019. Data kualitas diolah dengan metode indeks pencemaran kemudian di analisis uji beda berpasangan wilcoxon serta pemetaan cluster – outlier Moran’s. Hasil perhitungan indeks pencemaran yang diperoleh kondisi dalam status tercemar ringan namun beberapa titik sungai mengalami kondisi cemar sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas air sungai saat musim hujan dengan musim kemarau. Risiko penyebaran waterborne diseases tertinggi di Kecamatan Wonosegoro dan Kecamatan Klego. Kata Kunci : indeks pencemaran, sungai, waterborne diseases, musim

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83265
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2021 09:44
Last Modified:05 Jul 2021 09:44

Repository Staff Only: item control page