FAKTOR LINGKUNGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INDEKS PINJAL KHUSUS DI WILAYAH FOKUS PES (STUDI DI DUSUN SUROROWO, KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2018)

ILMI, DESY HAFIDHOTUL (2021) FAKTOR LINGKUNGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INDEKS PINJAL KHUSUS DI WILAYAH FOKUS PES (STUDI DI DUSUN SUROROWO, KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2018). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
19Kb

Abstract

Dusun Surorowo di Desa Kalikebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, merupakan salah satu wilayah fokus Pes yang diawasi oleh pemerintah dalam upaya agar kematian akibat pes tetap nol. Hasil monitoring indeks pinjal khususpada 2017 menunjukkan frekuensi yang cukup tinggi (≥1), yang diperoleh melalui perhitungan jumlah tangkapan Xenopsylla cheopis per jumlah tikus yang tertangkap (trap success). Hal tersebut merupakan indikator masih adanya risiko penyakit Pes.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan yang berhubungan dengan indeks pinjal khusus di wilayah fokus Pes, Dusun Surorowo. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah 60 rumah yang dipasang trap oleh petugas lapangan Laboratorium Zoonosis untuk memantau trap success dan indeks pinjal di rumah tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga jumlah sampel sama dengan populasi, yakni 60 rumah. Variabel lingkungan yang diteliti dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu lingkungan fisik, lingkungan biologi, dan lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 variabel lingkungan fisik yang berhubungan dengan indeks pinjal khusus yakni jenis dinding rumah (p=0,0), keberadaan jendela (p=0,0), keberadaan langit-langit rumah (p=0,0), dan tingkat suhu (p=0,01). Dalam lingkungan biologi, terdapat 3 variabel yang berhubungan dengan indeks pinjal khusus, yakni keberadaan tikus dalam rumah (p=0,01), keberadaan tikus luar rumah (p=0,0), dan keberadan vegetasi tanaman di sekitar rumah (p=0,009). Sedangkan lingkungan sosial, yang meliputi variabel pemberian informasi mengenai pes (p=1,00) dan mengenai rumah bebas tikus (p=1,00), tidak memiliki hubungan dengan indeks pinjal khusus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, untuk mengurangi risiko tingginya indeks pinjal khusus di Dusun Surorowo, masyarakat perlu mengurangi rongga di dinding, melakukan pengadaan jendela, mengurangi sekat kayu di langit-langit rumah, serta membersihkan rimbunan vegetasi tanaman di luar rumah. Kata Kunci : Lingkungan; Indeks pinjal khusus; Pes

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83258
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jul 2021 14:44
Last Modified:02 Jul 2021 14:44

Repository Staff Only: item control page