HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (ANDIKPAS) DI LPKA KELAS II BANDAR LAMPUNG

Rahmah , Hilwa Aulia and Indrawati, Endang Sri (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA DEPAN PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (ANDIKPAS) DI LPKA KELAS II BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
453Kb

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kecemasan menghadapi masa depan. Subjek penelitian ini yaitu Andikpas yang berada di LPKA kelas II Bandar Lampung sebanyak 85 orang. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial orang tua yang terdiri dari 31 aitem valid dengan koefisiensi reliabilitas 0,930 dan skala kecemasan menghadapi masa depan terdiri dari 48 aitem valid dengan koefisiensi reliabilitas 0,951. Analisis data menggunakan metode non parametriks Spearman’s Rho. Dapat diketahui hasil analisis data pada penelitian ini yaitu diperoleh nilai koefisiensi rxy = -0,330 dengan signifikansi sebesar 0,019 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara variabel dukungan sosial orang tua dengan variabel kecemasan menghadapii masa depan pada andikpas di LPKA kelas II Bandar Lampung. Hal ini dapat dikatakan bahwa apabila dukungan sosial tinggi maka kecemasan menghadapi masa depan akan cenderung rendah. Sebaliknya, apabila dukungan sosial rendah maka kecemasan menghadapi masa depan akan cenderung tinggi. Kata Kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Kecemasan Menghadapi Masa Depan, Andikpas, LPKA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:83151
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2021 14:11
Last Modified:17 Jun 2021 14:11

Repository Staff Only: item control page