GAMBARAN SPASIAL KEPADATAN LARVA AEDES SPP DANKEJADIAN DBD DI KABUPATEN PATI (STUDI: WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 WEDARIJAKSA)

MASSAID, ADJI BAYU (2021) GAMBARAN SPASIAL KEPADATAN LARVA AEDES SPP DANKEJADIAN DBD DI KABUPATEN PATI (STUDI: WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 WEDARIJAKSA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang sering meresahkan masyarakat. Kabupaten Pati merupakan salah satu endemic penyakit demam berdarah dengue, dalam setengah tahun 2020 terdapat 107 kasus dengan 1 kematian. Faktor lingkungan terkait breeding place nyamuk, serta keberadaan host atau nyamuk Aedes spp. Indikator entomologi (ABJ, HI, BI, CI) suatu daerah merupakan indicator kecenderungan potensi DBD dan tingkat kepadatan vector suatu wilayah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara spasial tingkat kepadatan larva Aedes spp pada daerah endemis dan pola persebaran kasus Demam Berdarah Dengue wilayah Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan desain penelitian cross sectional, penilitan ini dilakukan dari bulan agustus – November 2020. Populasi penelitian ini adalah semua rumah wilayah kerja puskesmas 1 wedarijaksa, dan sampel yang digunakan adalah seluruh kasus DBD yang terjadi. Dari hasil penelitian, Kasus DBD di Wilayah Kerja Puskesmas 1 Wedarijaksa paling banyak terjadi pada kelompok umur 12-16 tahun (37%). Larva Aedes spp banyak ditemukan pada container dalam rumah (CI 4,89%), dengan jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Wilayah Kerja Puskesmas 1 Wedarijaksa secara keseluruhan memiliki nilai DF> 1, dengan ABJ sebesar 81,47%. Berdasarkan hasil dari overlay terdapat kasus yang berkelompok, dengan adanya kasus dalam wilayahbuffer 50 meter rumah kasus lainnya. Banyak ditemukan rumah positif larva Aedes spp dalam wilayah buffer ataupun luar buffer. Dengan adanya kasus DBD dalam wilayah buffer 50 meter mengindikasikan adanya migrasi vector DBD. Selain itu banyak ditemukan rumah positif larva Aedes spp di daerah non kasus yang mengindikasikan berpotensi terjadinya kasus DBD. Kata Kunci : DBD, Larva, Aedes spp, Container

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:83142
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jun 2021 10:11
Last Modified:15 Jun 2021 10:11

Repository Staff Only: item control page