HUBUNGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI, PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN, DAN KEPATUHAN MENJAGA JARAK TERHADAP KEJADIAN COVID-19 DI PUSKESMAS JAYENGAN KOTA SURAKARTA

FUZIA, RAMADHINA NUR (2021) HUBUNGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI, PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN, DAN KEPATUHAN MENJAGA JARAK TERHADAP KEJADIAN COVID-19 DI PUSKESMAS JAYENGAN KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
19Kb

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-SoV2). Coronavirus menyerang organ paru-paru dengan gejala sesak nafas yang membutuhkan perawatan medis, demam lebih dari 38°C. Petugas kesehatan beresiko tinggi terinfeksi COVID-19 karena menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah COVID-19 dengan memberikan pelayanan yang dibutuhkan pasien suspek dan terkonfirmasi COVID-19. Sehingga, petugas kesehatan sangat perlu untuk melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 seperti menggunakan alat pelindung diri, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kepatuhan penggunaan alat pelindung diri, praktik cuci tangan pakai sabun, dan kepatuhan menjaga jarak terhadap kejadian COVID-19 pada petugas kesehatan di Puskesmas Jayengan Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah petugas kesehatan di Puskesmas Jayengan Kota Surakarta sebanyak 30 orang. Untuk menganalisis hubungan antara variabel terikat yakni Kejadian COVID-19 dan variabel bebas yakni kepatuhan penggunaan alat pelindung diri, kepatuhan praktik cuci tangan pakai sabun, dan kepatuhan menjaga jarak dillakukan uji statistik dengan menggunakan chi-square dengan hasil tidak ada hubungan yang signifikan antara kepatuhan penggunaan alat pelindung diri(p: 0,072), kepatuhan praktik cuci tangan pakai sabun(p: 0,072), dan kepatuhan menjaga jarak(p: 0,651) dengan kejadian COVID-19 (α: 0,05). Disarankan kepada menejemen Puskesmas Jayengan untuk meningkatkan pengawasan dan pelaksanaan pada petugas kesehatan dalam melaksanakan protokol COVID-19 di Puskesmas Jayengan Kota Surakarta. Kata Kunci : COVID-19,Kepatuhan, Penggunaan Alat Pelindung Diri, Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82993
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 May 2021 08:58
Last Modified:04 May 2021 08:58

Repository Staff Only: item control page