HUBUNGAN PELAKSANAAN PROSES ASUHAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSD SUNAN KALIJAGA DEMAK TAHUN 2004

SUMARTO, SUMARTO (2004) HUBUNGAN PELAKSANAAN PROSES ASUHAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSD SUNAN KALIJAGA DEMAK TAHUN 2004. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Rumah sakit sebagai salah satu bentuk organisasi pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan secara komprehensif bagi seluruh lapisan masyarakat, seringkali mengalami permasalahan yang menyangkut tentang ketidakpuasan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan pasien. Mutu pelayanan dapat berwujud fasilitas tempat pelayanan, hasil layanan baik dari perawat. Pelayanan asuhan keperawatan merupakan interaksi perawat dengan pasien. Oleh karena itu interaksi perawat di rumah sakit dengan pasien dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan di ruang rawat inap sangat penting artinya dan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dimana tenaga kesehatan yang selama 24 jam harus berada disisi pasien adalah perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan proses asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSD Sunan Kalijaga Demak. Jenis penelitian ini adalah ( Explanatory Reseach ) dengan pendekatan ( Cross Sectional ) . Lokasi peneliyian di ruang rawat inap RSD Sunan Kalijaga Demak. Jumlah responden adalah 75 orang dari 331 pasien perbulan, diambil dengan metode ( Accidental Sampling ) pada tanggal 17 Juni ? 7 Juli 2004. Data diolah secara univariat dan bivariat yang meliputi tabulasi silang dan uji korelasi Kendall Tau, untuk melihat korelasi antara variable digunakan program ( SPSS For Window Versi 10 ) . Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang positif antara pelaksanaan proses asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSD Sunan Kalijaga Demak. Besarnya korelasi berturut ? turut adalah : pengkajian dengan nilai korelasi 0,682, perencanaan dengan nilai korelasi 0,629, pelaksanaan dengan nilai korelasi oleh,586 dan evaluasi dengan nilai korelasi 0,664. Kepuasan pasien agar tetap tinggi, disarankan adanya peningkatan profesionalisme tenaga perawat, peningkatan hubungan komunikasi yang terapheutik, peningkatan sikap perilaku yang ramah, murah senyum dan sopan. Kata Kunci: Asuhan keperawatan, Rumah Sakit, Kepuasan pasien THE STUDY CORELATION BETWEEN NURSE REAR PROCESS WITH PATIENT SATISFIED LAYER INTENSITAS RSD SUNAN KALIJAGA DEMAK BOARDING NURSE ROOM AT 2004 YEAR Hospital asone or the other form organization service health to offer service health on antara large scale or comprehenshif to all entire living social, often happening problem about dissatisfied people to quality health service. The quality health serves have relation tight with satisfied patient. The quality health serves among others the serve room facility, the serve good result from all nurse. Serve nurse rear to form interaction between nurse with patient. Therefore interaction nurse with patient intensitas the hospital to gave serve nurse rear in the boarding nurse room very important its benefit ang gave influence to satisfied patient, when paramedis all time 24 hours must to live side patient. Aim of this observation is to the study correlation activities process nurse rear with patient satisfied layer intensitas RSD Sunan Kalijaga Demak. Kind of this observation is Explanatory Research with to bring nearer cross sectional. The observation place intensitas RSD Sunan Kalijaga Demak boarding nurse room. Amount respondent is 75 people from 331 patient everymounth, taked with accidental sampling metod on Juni 17 to Juli 7, 2004. Base material mannered by univariat and bivariat which to wrap tabulasi crosswise ande uji korelasi kendall tau, for to know corelasi between variable used program SPSS for window versi 10. The observation result to show exist correlation positif between nurse rear process with patient satisfied layer intensitas RSD Sunan Kalijaga Demak boarding nurse room. Greatness of corelation successively is to recite score corelation 0,682, planning score corelation 0,629, activity score corelation 0,586 and evalution score corelation 0,664. Satisfied patient intensitas order to high, propaganda layer professionalisme paramedis, layer interaksi and communication which therapheutik, layer attitude extremely familiar, cheap smilling and proper in conduct. Keyword : Nurse rear, Hospital, Satisfied patient

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:8298
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Apr 2010 11:43
Last Modified:08 Apr 2010 11:43

Repository Staff Only: item control page