ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE OPERASI PRIA (MOP) DI DESA KARANGANYAR KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR

AMANATI, NURMA MENTARI (2021) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE OPERASI PRIA (MOP) DI DESA KARANGANYAR KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Metode Operasi Pria (MOP) atau sering disebut juga dengan vasektomi merupakan salah satu jenis kontrasepsi bagi pria. Keikutsertaan pria dalam penggunaan Metode Operasi Pria (MOP) menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan suami dalam membantu keberhasilan program Keluarga Berencana (KB). Capaian Metode Operasi Pria (MOP) Desa Karanganyar pada tahun 2016 hingga 2018 masih 0% dan masih sangat jauh dari target nasioanal yaitu 4,3%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan perilaku penggunaan Metode Operasi Pria (MOP). Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Untuk memperoleh kelengkapan data dilakukan wawancara mendalam kepada responden yang termasuk pengguna jenis kontrasepsi Metode Operasi Pria (MOP). Populasi dalam penelitian ini adalah pria usia subur yang memiliki anak minimal 2 anak dengan jumlah 1241. Penentuan sampel penelitian menggunakan rumus analitik kategorik tidak berpasangan dan didapatkan sampel sebanyak 78 responden. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Hasilnya sebanyak 0,5% responden telah menggunakan Metode Operasi Pria (MOP), sedangkan 95,5% responden tidak menggunakan Metode Operasi Pria (MOP). Pada uji chi-square menunjukkan variabel yang tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan Metode Operasi Pria (MOP) tingkat pendidikan (p = 0,119), pendapatan (p = 0,525), jumlah anak (p = 1,000), pengetahuan (p = 1,000), sikap (p = 0,147), keyakinan (p = 0,007). Sedangkan variabel yang berhubungan dengan penggunaan Metode Operasi Pria (MOP) yaitu ketersediaan informasi (0,000), sikap dan perilaku istri (p = 0,002), sikap dan perilaku kader KB (p = 0,001) serta sikap dan perilaku PLKB ( p= 0,003). Kata kunci : Keluarga Berencana, Kontrasepsi Pria, Metode Operasi Pria (MOP)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82859
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Mar 2021 10:14
Last Modified:19 Mar 2021 10:14

Repository Staff Only: item control page