FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK ASI EKSKLUSIF DI DAERAH PERTANIAN KABUPATEN SEMARANG (Studi pada Ibu yang Memiliki Bayi Usia 0−6 Bulan)

PUSPORINI, ANGGRAENI DYAH (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK ASI EKSKLUSIF DI DAERAH PERTANIAN KABUPATEN SEMARANG (Studi pada Ibu yang Memiliki Bayi Usia 0−6 Bulan). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Latar belakang: Praktik pemberian ASI eksklusif wajib dilakukan pada bayi usia 0−6 bulan. Persentase capaian pemberian ASI secara eksklusif di Kabupaten Semarang masih lebih rendah dari target nasional. Penyebabnya karena masih rendahnya pelaksanaan inisiasi menyusu dini dan pemberian makanan prelakteal masih banyak dilakukan karena kebiasaan setempat menganggap bayi tidak cukup hanya diberi ASI.Tujuan: Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik ASI eksklusif di daerah pertanian Kabupaten Semarang.Metode: Penelitiancross-sectional dengan pengambilan sampel secara purposive di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sampel sebanyak 27 ibu menyusui yang memiliki bayi usia 0-6 bulan.Hasil: Proporsi praktik ASI eksklusif di daerah pertanian Kabupaten Semarang sebesar 37%. Ibu menyusui pada penelitian ini 81,5% berusia 20-35 tahun, 85,2% IRT, 70,4% menyelesaikan pendidikan dasar, 51,9% multipara, 74,1% IMT tidak normal, 88,9% kadar Hb normal, 92,6% menerima dukungan tenaga kesehatan berupa kunjungan postpartum, 85,2% melahirkan di praktik bidan, 96,3% persalinan normal, 85,2% tidak melaksanakan IMD, 63,0% bayi menerima makanan prelakteal, dan 51,9% tidak terpapar promosi susu formula. Variabel yang berhubungan dengan praktik ASI eksklusif yaitu status gizi ibu berdasar IMT, pelaksanaan IMD, bayi menerima makanan prelakteal, dan terpapar promosi susu formula. Variabel yang tidak berhubungan yaitu usia ibu, status pekerjaan ibu, tingkat pendidikan ibu, paritas, kadar Hb ibu, dukungan tenaga kesehatan, tempat persalinan, dan cara persalinan.Kesimpulan:Status gizi ibu berdasar IMT, pelaksanaan IMD, bayi menerima makanan prelakteal, dan terpapar promosi susu formula merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan keberhasilan praktik ASI eksklusif di daerah pertanian Kabupaten Semarang. Kata Kunci: ASI Eksklusif, pertanian, prelakteal, inisiasi menyusu dini (IMD), Kabupaten Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82677
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2021 11:31
Last Modified:22 Feb 2021 11:31

Repository Staff Only: item control page