FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA PELAKSANA ELIMINASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCEGAHAN MASSAL FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Luwunggede, Kabupaten Brebes)

LARASATI, IMEILDA (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA PELAKSANA ELIMINASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCEGAHAN MASSAL FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Luwunggede, Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Kabupaten Brebes merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang endemis filariasis. Kabupaten Brebes telah melaksanakan POPM pada tahun 2017. Pada tahun 2019, terdapat 9 puskesmas yang memiliki cakupan tidak mencapai target nasional, salah satunya Puseksmas Luwunggede. Kinerja TPE berpengaruh untuk meningkatkan keberhasilan cakupan pengobatan filariasis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja TPE dalam pelaksanaan program POPM filariasis. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional dengan jumlah sampel 80 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan kinerja TPE dalam pelaksanaan program POPM filariasis adalah tingkat pengetahuan (p-value=0.000), status supervisi petugas puskesmas (p-value=0.002) dan status ketersediaan sarana dan prasarana (p-value=0.020), sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan kinerja TPE dalam pelaksanaan program POPM filariasis adalah umur (p- value=0.210), tingkat pendidikan (p-value=0.581), jenis pekerjaan (p-value=0.881), lama kerja (p-value=0.312), status penyuluhan (p-value=0.462), persepsi terhadap insentif (p-value=0.072), dan beban kerja (p-value=0.515). Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan, status supervisi petugas puskesmas dan status ketersediaan sarana kerja merupakan faktor yang berhubungan dengan kinerja TPE dalam pelaksanaan program POPM filariasis sedangkan umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, lama kerja, status penyuluhan, persepsi terhadap insentif, dan beban kerja bukan merupakan faktor yang berhubungan dengan kinerja TPE dalam pelaksanaan program POPM filariasis Kata kunci : Filariasis, Kinerja, TPE, POPM

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82675
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2021 09:37
Last Modified:22 Feb 2021 09:37

Repository Staff Only: item control page