HUBUNGAN TINGKAT HEALTH LITERACY, PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN COVID-19 (Studi pada Masyarakat Umum Kota Semarang)

FAUZI, MUHAMMAD IZZA FIKRO (2021) HUBUNGAN TINGKAT HEALTH LITERACY, PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN COVID-19 (Studi pada Masyarakat Umum Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Kb

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit saluran pernapasan yang telah memberikan dampak negatif bagi lebih dari 200 negara, tidak terkecuali Indonesia. Kepatuhan masyarakat dalam melakukan praktik pencegahan COVID-19 merupakan cara yang paling efektif untuk menghentikan penyebaran penyakit ini dan hal ini dipengaruhi oleh tingkat health literacy, pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap COVID-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan tingkat health literacy, pengetahuan dan sikap dengan praktik pencegahan COVID-19 pada masyarakat Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional. Besar sampel yang didapat berjumlah 407 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat health literacy (p-value= 0,007), pengetahuan (p-value= 0,001) dan sikap (p-value= 0,001) mengenai COVID-19 dengan praktik pencegahan COVID-19 pada masyarakat Kota Semarang. Dapat disimpulkan bahwa tingkat health literacy, pengetahua dan sikap terkait COVID-19 mempengaruhi praktek pencegahan COVID-19 pada masyarakat Kota Semarang. Intervensi dengan meningkatkan edukasi dan promosi kesehatan masih diperlukan, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan praktik pencegahan infeksi COVID-19 pada masyarakat. Kata Kunci: Health literacy, pengetahuan, sikap, Praktik pencegahan, COVID-19

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82669
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Feb 2021 10:27
Last Modified:19 Feb 2021 10:27

Repository Staff Only: item control page