KLASIFIKASI SEL DARAH MERAH TERINFEKSI PARASIT MALARIA MENGGUNAKAN GRAY-LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX DAN EXTREME LEARNING MACHINE

Adi, Wahyu Sasangka and SUGIHARTO, ARIS (2019) KLASIFIKASI SEL DARAH MERAH TERINFEKSI PARASIT MALARIA MENGGUNAKAN GRAY-LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX DAN EXTREME LEARNING MACHINE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Sel darah merah manusia dapat digunakan untuk mengetahui seseorang terinfeksi malaria. Selama ini teknologi untuk mengetahui seseorang terindikasi malaria masih dibutuhkan tenaga medis sehingga memerlukan waktu cukup lama. Sementara itu salah satu algoritma Jaringan Saraf Tiruan (JST), yaitu Extreme Learning Machine (ELM) dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan input berupa citra sel darah merah. ELM dipilih karena memiliki kecepatan pembelajaran yang cepat. Metode ekstraksi fitur yang digunakan adalah Gray Level Co-Occurance Matrix (GLCM) untuk mengetahui ciri tekstur sel darah merah yang terinfeksi atau tidak. Pada penelitian ini digunakan dataset National Library of Medicine (NLM) yang terdiri dari 2 kelas sel darah merah, infected dan uninfected. Setelah dilakukan eksperimen diperoleh rata-rata accuracy sebesar 99,56%, sensitivity 99,56%, dan specificity 99,57% pada pengujian menggunakan ELM dengan fungsi aktivasi tribas (Triangular Basis Function). Kata kunci : ELM, Gray-Level Co-Occurrence Matrix, Jaringan Saraf Tiruan, Malaria, NLM.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82619
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 15:20
Last Modified:15 Feb 2021 15:20

Repository Staff Only: item control page