IMPLEMENTASI SIMILARITY CHECK PADA ABSTRAK SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP (STUDI KASUS PRODI S1 SEJARAH FAKULTAS ILMU BUDAYA UNDIP)

Aruben, Nadia Permatasari and Wirawan, Panji Wisnu (2019) IMPLEMENTASI SIMILARITY CHECK PADA ABSTRAK SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP (STUDI KASUS PRODI S1 SEJARAH FAKULTAS ILMU BUDAYA UNDIP). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Plagiarisme biasa terjadi di kalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, baik disengaja maupun tidak. Rendahnya etika akademik dan kurangnya pemahaman tentang plagiarisme menjadi alasan kuat hal tersebut masih sering terjadi. Oleh karena itu diperlukan proses untuk mendeteksi apakah skripsi mahasiswa mengandung plagiarisme. Salah satu bentuk plagiarisme adalah kemiripan kata di luar batas toleransi. Pendeteksian kemiripan kata pada skripsi mahasiswa tidak mungkin dilakukan secara manual mengingat banyaknya jumlah mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir setiap semester. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pendeteksian kemiripan kata, yaitu sistem Similarity Check. Implementasi Similarity Check pada penelitian ini menggunakan metode Pencocokan String dengan Algoritma Rabin-Karp untuk mendeteksi kemiripan kata pada sebuah dokumen abstrak skripsi terhadap korpus data abstrak skripsi. Algoritma ini bekerja dengan cara mencocokkan nilai hash dokumen uji yang telah dikalkulasi melalui text preprocessing, parsing k-gram dengan nilai k sebagai panjang substringnya, dan rolling hash untuk didapatkan nilai hashnya. Penelitian ini menggunakan 115 data abstrak skripsi yang dibagi menjadi 5 data sebagai data uji dan 110 data sebagai data pembanding. Waktu pemrosesan (runtime) yang dihasilkan dari pengujian performa sistem Similarity Check sangat bergantung pada jumlah data pembanding dan banyaknya kata penyusun keseluruhan data abstrak skripsi. Dalam pengujian performa dengan variasi jumlah data pembanding dari 20 hingga 110 data dihasilkan rata-rata kenaikan runtime sebesar 1.52 detik. Pengujian akurasi sistem Similarity Check menghasilkan rata-rata nilai keakuratan sebesar 97,56%. Kata kunci: plagiarisme, pencocokan string, algoritma Rabin-Karp, similarity check pada abstrak skripsi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82612
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 15:02
Last Modified:15 Feb 2021 15:02

Repository Staff Only: item control page