PENERAPAN POINT, BADGES, DAN LEADERBOARDS SEBAGAI ELEMEN GAMIFIKASI PADA APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN

Hening, Ilham Nugroho and Waspada, Indra (2019) PENERAPAN POINT, BADGES, DAN LEADERBOARDS SEBAGAI ELEMEN GAMIFIKASI PADA APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4017Kb

Abstract

Di setiap proses pembelajaran terdapat proses evaluasi. Evaluasi merupakan usaha untuk memperoleh informasi tentang perolehan belajar siswa secara menyeluruh. Proses evaluasi penting dilakukan untuk bisa memantau perkembangan hasil belajar dari siswa. Alat evaluasi dapat berupa tes, kuisioner, wawancara, dan observasi. Namun, proses evaluasi ini merupakan kegiatan yang kurang diminati oleh para siswa. Hal ini juga menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi dari permasalah tersebut dengan cara menerapkan gamifikasi pada pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran. Metode tinjauan pustaka terkait gamifikasi aplikasi evaluasi pembelajaran yang sudah pernah dilakukan pada penelitian terdahulu, digunakan untuk menyusun kebutuhan dari aplikasi ini. Hasil yang diperoleh adalah penggunaan elemen gamifikasi berupa point, badges, dan leaderboards pada aplikasi evaluasi pembelajaran. Point yaitu pengukur tingkat keberhasilan pemain, diterapkan dengan cara mengemas proses pengerjaan evaluasi yang dilaksanakan oleh siswa menjadi suatu skenario permainan lalu menjadikan score dalam permainan tersebut sebagai point yang dikumpulkan. Badges, sebagai penanda perolehan capaian tertentu, diterapkan dengan cara guru dapat memberikan badges kepada siswa yang dipilihnya berdasarkan syarat dan ketentuan tertentu yang dapat ditentukan oleh guru. Leaderboards atau papan peringkat diterapkan dengan cara menampilkan sebuah tabel peringkat 10 besar siswa dari tiap kelas berdasarkan nilai atau score yang didapat. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran serta menyenangkan untuk digunakan. Kata Kunci: Pembelajaran, Evaluasi, Gamifikasi, Point, Badges, Leaderboards

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82606
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 14:47
Last Modified:15 Feb 2021 14:47

Repository Staff Only: item control page