PENGEMBANGAN WEBSITE PENENTUAN KELOMPOK STUDI SISWA BERDASARKAN NILAI TRY OUT UJIAN NASIONAL SMP DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus SMPIT Bina Amal)

Muhammad Kholid Labieb, Fikri and Suhartono, Suhartono (2019) PENGEMBANGAN WEBSITE PENENTUAN KELOMPOK STUDI SISWA BERDASARKAN NILAI TRY OUT UJIAN NASIONAL SMP DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus SMPIT Bina Amal). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 menjelaskan bahwa Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Pihak sekolah melakukan beberapa aktivitas dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional, seperti menentukan kelompok studi dan Try Out. Kelompok studi yang dimaksud adalah pengelompokkan siswa ke dalam kelompok kecil dengan harapan siswa dapat lebih mudah menyerap atau memahami pelajaran yang diberikan. Pembentukan kelompok akan lebih optimal apabila ada kesamaan / kemiripan pada setiap kelompoknya terutama dalam hal nilai. Try Out merupakan simulasi Ujian Nasional yang diadakan oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan, dengan kata lain nilai Try Out merupakan gambaran kematangan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, oleh karenanya pembentukan kelompok studi berdasarkan nilai Try Out diharapkan dapat menjadi pilihan yang optimal dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional. Oleh karena itu, maka dibangun sebuah website yang dapat menjadi alternatif guru dalam mengelompokkan siswa berdasarkan nilai Try Out nya. Metode pengelompokkan yang akan digunakan adalah K-means Clustering. K-means Clustering berjalan melalui pengulangan untuk mendapatkan sebuah kumpulan data yang sesuai dengan kategorinya masing-masing berdasarkan atribut yang dimiliki. Hasil dari penelitian ini yaitu dihasilkan Website Penentuan Kelompok Studi Siswa yang membantu guru mengelompokkan siswanya berdasarkan nilai Try Out siswa dengan studi kasus SMPIT Bina Amal Semarang. Pengujian dengan Silhouette Coefficient menghasilkan bahwa untuk siswa laki – laki, dua opsi kelompok yang optimal adalah dengan membentuk 4 kelompok dengan rata-rata Silhouette Coefficient 0.5851 atau 10 kelompok dengan rata – rata Silhouette Coefficient 0.57475. sedangkan untuk siswa perempuan, pilihan jumlah kelompok yang optimal adalah 4 kelompok dengan Silhouette Coefficient 0.5878 dan 5 kelompok dengan Silhouette Coefficient 0.584475. Kata Kunci: Kelompok Studi, Ujian Nasional, Try Out, K-means , Silhouette Coefficient

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82602
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 12:47
Last Modified:15 Feb 2021 12:47

Repository Staff Only: item control page