EVALUASI TATA KELOLA SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS JAWA TENGAH MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS: DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH)

Ultimanita, KARTIKA RACHMAH and Noranita, Beta (2019) EVALUASI TATA KELOLA SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS JAWA TENGAH MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS: DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah merupakan unsur pelaksana kebijakan daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan yang terletak di Jalan Dr. Setiabudi No. 201C Semarang, Jawa Tengah. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dibidang teknologi yaitu sistem informasi kearsipan statis Jawa Tengah yang dibangun untuk memberikan hak akses dan layanan arsip statis kepada publik, untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian dan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan rakyat sesuai kaidah – kaidah kearsipan. Namun, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah selama ini belum pernah melakukan evaluasi terhadap pengelolaan sistem informasi kearsipan statis Jawa Tengah. Sehingga perlu dilakukan evaluasi pada sistem informasi kearsipan statis Jawa Tengah untuk mengetahui apakah pemanfatan teknologi informasi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mendukung pencapaian tujuan strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Standar yang digunakan untuk mengevaluasi penerapan teknologi informasi adalah COBIT 5. Domain COBIT 5 yang dipilih yaitu domain APO (Align, Plan, and Organise) dengan proses APO07 (Mengelola Sumber Daya) dan APO13 (Mengelola Keamanan). Selain domain APO, domain yang dipilih untuk evaluasi yaitu domain DSS (Deliver, Service, and Support) dengan proses DSS02 (Mengelola Permintaan dan Layanan Insiden), DSS03 (Mengelola Masalah), dan DSS05 (Mengelola Layanan Keamanan). Hasil capability level yang diperoleh yaitu level 2 untuk proses APO13 dan DSS05, serta level 3 untuk proses APO07, DSS02, dan DSS03. Level target yang ingin dicapai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah adalah 5 yaitu Optimizing Process, sehingga rekomendasi yang diberikan untuk memaksimalkan proses yang sudah berjalan dan membuat inovasi terhadap proses bisnis agar berjalan dengan baik. Kata kunci: Sistem Informasi Kearsipan Statis Jawa Tengah, COBIT 5, Domain APO, Domain DSS, Capability Level.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82582
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 09:18
Last Modified:15 Feb 2021 09:18

Repository Staff Only: item control page