APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN JURUSAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON)

Hutami, Arniz Awinda and Sarwoko, Eko Adi (2019) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN JURUSAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

4Mb

Abstract

Peminatan merupakan program dalam Kurikulum 2013 untuk menggantikan sistem penjurusan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sejak kelas X peserta didik sudah harus memilih kelompok peminatan yang akan dimasuki. Perubahan ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi diri sejak sedini mungkin. Perubahan tersebut tentunya membuat pihak sekolah cukup kesulitan karena diharuskan menentukan penjurusan peserta didik baru dengan dasar acuan peminatan dan waktu yang terbatas. Untuk itu dibuatlah sebuah sistem untuk membantu pihak sekolah untuk melakukan peminatan. Proses peminatan pada sistem ini menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yang mampu melakukan pengambilan keputusan multikriteria sehingga dapat membantu stakeholder dalam memilih antara beberapa alternative. Data pengujian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 100 data peserta didik baru SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon pada tahun ajar 2017/2018 dengan 11 kriteria. Output dari sistem ini yaitu hasil penjurusan berupa IPA dan IPS. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diperoleh hasil accuracy terbaik metode SMART sebesar 86% dengan error rate sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut, sistem yang menggunakan Simple Multi Attribute Rating Technique dapat diimplementasikan sebagai sistem pengambil keputusan peminatan jurusan SMA. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Peminatan, Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82579
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 09:09
Last Modified:15 Feb 2021 09:09

Repository Staff Only: item control page