APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN SURAT OPTIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: PT TELKOM MADIUN)

Suhendra, David Natalia and Adhy, Satriyo (2019) APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN SURAT OPTIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: PT TELKOM MADIUN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

3755Kb

Abstract

PT Telkom Madiun merupakan BUMN yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi di wilayah Madiun dan sekitarnya. PT Telkom Madiun memiliki Yayasan Kesehatan (Yakes) yang mengelola dana kesejahteraan dan kesehatan karyawan, pensiunan, dan keluarga karyawan/pensiunan. Salah satu layanan kesehatan yang diberikan adalah berupa surat optik. Surat tersebut dapat digunakan oleh karyawan/pensiunan beserta keluarga untuk mengklaim hak mereka mendapatkan kacamata atau lensa. Yakes Telkom Madiun setiap bulan harus menentukan lima calon terbaik penerima surat optik dari beberapa pemohon yang mengajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang mampu mendukung keputusan tersebut. Pengembangan aplikasi pendukung keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan perankingan terbaik. SAW adalah metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif pada semua atribut yang digunakan. Setiap alternatif dilakukan perankingan berdasarkan nilai preferensi yang didapatkan sehingga cocok untuk menyelesaikan masalah pemberian surat optik ini. Kriteria yang digunakan dalam aplikasi pendukung keputusan ini adalah status pemohon, waktu pengambilan terakhir, watu pembuatan permohonan, dan tingkat urgensi. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode waterfall dan dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySQL. Aplikasi ini digunakan pihak PT Telkom Madiun untuk menentukan calon terbaik penerima surat optik dan membuat surat optik. Aplikasi ini telah melewati tes pengujian berdasarkan metode black box dengan hasil uji diterima disetiap masing-masing kebutuhan fungsional. Kata kunci: Aplikasi Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), Surat Optik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82575
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 08:51
Last Modified:15 Feb 2021 08:51

Repository Staff Only: item control page