SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Putri, Novia Ferina and Sarwoko, Eko Adi (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

5Mb

Abstract

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah sebuah event yang bertujuan untuk mencari, memilih, dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah berhasil mencapai prestasi yang baik. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini dilakukan secara berjenjang dan bertingkat. Sebelum masuk ke tahap pemilihan di tingkat perguruan tinggi, peserta tentunya harus melewati tahap pemilihan di tingkat fakultas. Kriteria penilaian untuk pemilihan mahasiswa berprestasi adalah Indeks Prestasi Kumulatif, Karya Tulis Ilmiah, Prestasi/ Capaian yang Diunggulkan, dan Bahasa Asing. Kriteria-kriteria tersebut sudah ditentukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Bagian kemahasiswaan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) memerlukan sebuah sistem untuk mempermudah menentukan mahasiswa terbaik secara tepat, cepat, dan efisien. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan sistem yang dapat membantu pihak Sub Bagian Kemahasiswaan FSM Undip untuk mendapatkan mahasiswa terbaik yang berprestasi yang nantinya akan direkomendasikan untuk mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas mewakili FSM. Sistem ini dibangun dengan berbasis website dengan menggunakan metode Weighted Product. Metode ini dipilih karena mampu melakukan perhitungan dengan mempertimbangkan nilai bobot dari tiap kriteria, untuk kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan untuk menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Melalui metode Weighted Product, sistem ini mampu menghasilkan tingkat akurasi sebesar 54,54% yang didapatkan dari hasil perbandingan antara perhitungan manual dan perhitungan sistem berdasarkan 11 data mahasiswa mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi di FSM Undip tahun 2019. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Metode Weighted Product.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82573
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Feb 2021 08:46
Last Modified:15 Feb 2021 08:46

Repository Staff Only: item control page