ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING DENGAN INTEGRASI MODEL UTAUT 2 DAN EXPECTATION CONFIRMATION MODEL

Isnaini, Nauli and Saputra, Ragil (2019) ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI E-LEARNING DENGAN INTEGRASI MODEL UTAUT 2 DAN EXPECTATION CONFIRMATION MODEL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Abstract

E-learning merupakan salah satu jenis layanan pendidikan yang dibuat untuk mempermudah proses pembelajaran untuk semua kalangan. Pengguna e-learning dapat melakukan kegiatan belajar mengajar hanya dengan lewat smartphone ataupun laptop/komputer yang mereka punya. Penerimaan teknologi ini dianalisis melalui kesesuaian antara teknologi e-learning dan teknologi yang ada saat ini, dan kepuasan pengguna terhadap penggunaan e-learning. Penelitian ini menggunakan integrasi model the Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology 2 (UTAUT 2) dan Expectation Confirmation Model (ECM). Sebanyak 212 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Partial least square (PLS) digunakan sebagai alat uji konseptual untuk menguji hubungan antar variabel laten atau dengan variabel indikatornya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar kurang begitu berminat dengan pembelajaran digital. Selain itu, biaya elearning yang tidak murah juga menjadi faktor yang mengurangi niat pelajar untuk melanjutkan menggunakan e-learning. Faktor kebiasaan pelajar menggunakan e-learning memberikan pengaruh yang paling besar dalam niat untuk melanjutkan menggunakan elearning. Faktor-faktor yang ada dalam dua model digunakan untuk menganalisis adopsi teknologi pada e-learning, namun sejauh ini belum ada penelitian yang mengintegrasikan kedua model untuk menganalisis adopsi teknologi pada e-learning. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang adopsi teknologi e-learning dengan mengintegrasikan faktor dari kedua model dalam konteks negara berkembang yang dicontohkan dalam penelitian ini oleh Indonesia. Penelitian ini dapat digunakan oleh pihak pengembang e-learning untuk mengembangkan e-learning menjadi lebih menarik dengan biaya yang murah agar menarik minat pelajar untuk melanjutkan menggunakan elearning. Kata Kunci : E-learning, UTAUT 2, ECM, Penerimaan Teknologi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:82551
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Feb 2021 09:10
Last Modified:14 Feb 2021 09:10

Repository Staff Only: item control page