ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK PONDOH DI DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Permana, Afif and Budiraharjo, Kustopo and SETIADI , AGUS (2021) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK PONDOH DI DESA GIRIKERTO KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) Universitas Brawijaya, 5 (4). pp. 1-15. ISSN 2614-4670

[img]
Preview
PDF
192Kb
[img]
Preview
PDF
528Kb

Official URL: https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/issue/archive

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pola saluran pemasaran salak pondoh, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi pemasaran, faktor – faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran dan menganalisis perbedaan antara efisiensi pemasaran dengan standar efisiensi.Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Pengambilan sampel responden menggunakan metode simple random sampling dan Penentuan responden penelitian menggunakan metode slovin dengan jumlah responden petani sebesar 93 sedangkan responden pedagang ditentukan dengan snowball sampling didasarkan pada informasi dari responden sebelumnya sebesar 33. Analisis efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan Metode deskriptif untuk mengetahui pola saluran di daerah tersebut dan metode kuantitatif untuk analisis Margin pemasaran, analisis farmer’s share, analisis efisiensi, regresi linier berganda dan analisis Uji beda One Sample T-test Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 pola saluran pemasaran di desa girikerto, nilai Margin pemasaran pada tiap pola I, III, III dan IV masing masing sebesar masing Rp 0/Kg , Rp 3.630 /Kg, Rp 5.984 /Kg dan Rp 5.932/Kg dan nilai Farmer’s share pada pola I, II, III, IV masing – masing sebesar 100%, 63%, 39% dan 42%, Efisiensi Pemasaran berdasarkan persentase Margin total pada pola I sebesar 0% termasuk kategori efisien dan pola II, III dan IV masing – masing sebesar 38%, 62% dan 59% termasuk kategori kurang efisien. Hasil analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa variabel bebas yaitu harga jual petani, harga beli konsumen dan biaya pemasaran merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi pemsaran dan efisiensi pemasaran terdapat perbedaan dengan standar efisiensi pemasaran. Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Pola Saluran pemasaran, Salak Pondoh

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82487
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2021 11:05
Last Modified:09 Feb 2021 11:05

Repository Staff Only: item control page