FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PEGAWAI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TERKAIT CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19)

SAFITRI, ARISCA DEWI (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PEGAWAI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TERKAIT CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Coronavirus menyebabkan sindrom pernapasan akut, pneumonia, gagal ginjal dan yang terparah kematian. Petugas kesehatan menyumbang sejumlah besar infeksi Coronavirus. Kurangnya fokus perhatian pada kesehatan jiwa khususnya kecemasan bagi pegawai di kantor kesehatan pelabuhan dapat mempengaruhi pelayanan penanganan pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pegawai kantor kesehatan pelabuhan terkait Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Penelitian ini adalah observasional analitik desain cross sectional. Populasi penelitian adalah Aparatur Sipil Negara di Kantor Kesehatan Pelabuhan di seluruh Indonesia. Responden yang memenuhi kriteria adalah 533 pegawai. Teknik samplingsimple random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan google form. Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara usia, jenis kelamin, lingkungan, ketersediaan sarana prasarana dengan tingkat kecemasan terkait COVID-19. Disimpulkan bahwa kecemasan dapat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, lingkungan tempat kerja, sarana prasarana termasuk APD, jabatan dan penerapan protokol kesehatan di pintu masuk. Disarankan agar pemerintah lebih memperhatikan mengenai kesehatan jiwa/mental pada pegawai, mencukupkan sarana prasarana. Bagi pegawai untuk ikut serta mengikuti pelatihan mengenai kewaspadaan dini Kata Kunci : Kecemasan, COVID-19, Pegawai, Faktor

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82469
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Feb 2021 08:56
Last Modified:01 Feb 2021 08:56

Repository Staff Only: item control page