GAMBARAN PERILAKU(PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK) PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)

SIMANJUNTAK, AGNES APRIA (2020) GAMBARAN PERILAKU(PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK) PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yangmengalami peningkatan kasus setiap tahun.Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi penyakit hingga kematian pada penderitanya.Kesadaran yang rendah dalam mencegah hipertensi dapat meningkatkan jumlah kasus hipertensi.Belum diketahui gambaran perilaku pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan hipertensi pada mahasiswa Universitas Diponegoro.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku terkait pencegahan hipertensi pada mahasiswa Universitas Diponegoro.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain studi cross sectional dengan jumlah sampel 425 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (76,5%), jenis studi non kesehatan (50,6%), bukan perokok (91%), tidak memiliki riwayat hipertensi keluarga (60%), memiliki keluarga yang mendukung (50,6%). Sebanyak 51,5% responden memiliki tingkat pengetahuan baik, 52% responden memiliki sikap yang baik, dan 58,1% responden memiliki praktik yang baik. Kesimpulannya perilaku pencegahan hipertensi pada mahasiswa Universitas Diponegoro sudah cukup baik.Perlu mengadakan kegiatan seminar atau penyuluhan di lingkungan kampus tentang pencegahan hipertensi sehingga dapat meningkatkan perilaku pencegahan hipertensi pada mahasiswa. Kata Kunci: Hipertensi;Perilaki;Pengetahuan;Sikap;Praktik;Mahasiswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82443
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2021 11:05
Last Modified:29 Jan 2021 11:05

Repository Staff Only: item control page