FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG (Studi pada Tiga Perguruan Tinggi di Kota Semarang)

AQMARINA, NATASHA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA DI KOTA SEMARANG (Studi pada Tiga Perguruan Tinggi di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup parah terkena virus COVID- 19. Wabah ini menimbulkan tantangan penting bagi kesehatan masyarakat, para peneliti, dan komunitas medis. Dalam masa pandemi COVID-19 ini, diharapkan mahasiswa dapat berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 aktif dari tiga perguruan tinggi di Kota Semarang. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 390 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, bidang ilmu, tingkat pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan institusi, informasi tentang COVID-19 dan praktik pencegahan COVID-19 pada mahasiswa. Hasilnya dianalisis menggunakan uji chi square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara bidang studi responden (p = 0,00), tingkat pengetahuan (p = 0,02), sikap (p = 0,00), dukungan keluarga (p = 0,00), dukungan kelembagaan (0,00), dan informasi tentang COVID-19 (p = 0,00) terhadap praktik pencegahan COVID-19 pada mahasiswa, dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin (p = 0,058) terhadap praktik pencegahan COVID-19 pada mahasiswa. Bidang ilmu responden, tingkat pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan institusi, dan informasi mengenai COVID-19 merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pencegahan COVID-19 pada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Kota Semarang. Kata Kunci: COVID-19, Preventif, Praktik, Mahasiswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82392
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2021 09:18
Last Modified:28 Jan 2021 09:18

Repository Staff Only: item control page