Menapaki Jalan Keberkahan Kiai: Sebuah Interpretative Phenomenological Analysis pada Santri Ndalem Pondok Pesantren Roudlotuth Tholibin Jawar Kabupaten Wonosobo

Ramadhani, Betty Maharani and Salma, Salma (2021) Menapaki Jalan Keberkahan Kiai: Sebuah Interpretative Phenomenological Analysis pada Santri Ndalem Pondok Pesantren Roudlotuth Tholibin Jawar Kabupaten Wonosobo. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF
174Kb

Abstract

Fenomena santri abdi ndalem yang mengabdi kepada keluarga kiai di pondok pesantren adalah fenomena menarik di zaman modern yang penuh kebebasan seperti sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis yang bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi pengalaman pribadi seorang santri ndalem selama mengabdikan diri untuk keluarga kiai. Pemilihan partisipan dilakukan dengan teknik purposive dengan kriteria santri ndalem putri yang tengah menjalani praktik abdi ndalem minimal tiga tahun, belum menikah, dan bersedia menjadi partisipan. Metode yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi dengan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) sebagai teknik analisis data. Partisipan berjumlah tiga orang yang berdomisili di Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menghasilkan tiga tema induk antarpartisipan meliputi: 1) dinamika menjadi santri ndalem, 2) harapan kehidupan masa depan, 3) alasan masih bertahan, serta terdapat tema induk khusus yaitu, dilema kepulangan danpengalaman pribadi. Melalui penelitian ini ketiga partisipan menyampaikan pengalamannya selama menjalani kehidupan sebagai santri ndalem. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa santri ndalem yang memutuskan untuk bertahan hingga bertahun-tahun setelah mengalami berbagai tantangan selama menjadi santri ndalem, dampak yang dirasakan karena pekerjaan yang monoton, hingga merasakan kedekatan dengan keluarga kiai, para santri ndalem menemukan sebuah alasan mengapa mau bertahan menjadi abdi ndalem adalah semata-mata ingin mendapatkan keberkahan, ridho, dan do’a dari Kiai. Kata kunci: pesantren, abdi ndalem, santri ndalem, interpretative phenomenological analysis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:82387
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2021 07:03
Last Modified:28 Jan 2021 13:07

Repository Staff Only: item control page