FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA PELAKSANA ELIMINASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCAGAHAN MASSAL (POPM) FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Brebes Kabupaten Brebes)

PUTRI, FANINDITA WIDYANTORO (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA TENAGA PELAKSANA ELIMINASI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN OBAT PENCAGAHAN MASSAL (POPM) FILARIASIS (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Brebes Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Latar belakang:Puskesmas Brebes merupakan salah satu puskesmas di Kabupaten Brebes yang telah melaksanakan POPM sejak tahun 2017. Akan tetapi, cakupan POPM filariasis pada tahun 2019 tidak mencapai target cakupan minum obat pencegahan massal filariasis yang telah ditetapkan yaitu 72,21% dari jumlah penduduk sasaran dan 66,71% dari jumlah penduduk total.Tujuan: menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga pelaksana eliminasi dalam pelaksanaan POPM filariasis di wilayah kerja Puskesmas Brebes Kabupaten Brebes. Metode: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain studi cross-sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pelaksana eliminasi di wilayah kerja Puskesmas Brebes tahun 2019. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Hasil: faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga pelaksana eliminasi dalam pelaksanaan POPM filariasis adalah pelatihan(p-value=0,045), tingkat pengetahuan(p-value=0,000), status penyuluhan (p-value=0,000), ketersediaan sarana dan prasarana (p-value=0,005), dan persepsi insentif(p-value=0,046), sertafaktor yangtidak berhubungan dengan kinerja tenaga pelaksana eliminasi dalam pelaksanaan POPM filariasis adalah umur (p-value=0,993), tingkat pendidikan (p-value=0,128), status pekerjaan (p-value= 0,087), tingkat pendapatan (p-value=0,367), lama kerja (p-value=0,748), dan motivasi (p-value=0,591).Kesimpulan:pelatihan, tingkat pengetahuan, status penyuluhan, ketersediaan sarana dan prasarana, dan insentif merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga pelaksana eliminasi dalam pelaksanaan POPM filariasis di wilayah kerja Puskesmas Brebes serta umur, tingkat pendidikan, status pekerjaan, tingkat pendapatan, lama kerja, dan motivasi merupakan faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan kinerja tenaga pelaksana eliminasi dalam pelaksanaan POPM filariasis di wilayah kerja Puskesmas Brebes Kabupaten Brebes. Kata Kunci: Kinerja, Tenaga Pelaksana Eliminasi, POPM, Filariasis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82366
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jan 2021 11:19
Last Modified:25 Jan 2021 11:19

Repository Staff Only: item control page