GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PENCEGAHAN PENYAKIT CORONAVIRUS (COVID-19) (Studi pada Masyarakat Umum di Kota Administrasi Jakarta Timur)

AFIFAH, SHAFA MUTIARA (2020) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PENCEGAHAN PENYAKIT CORONAVIRUS (COVID-19) (Studi pada Masyarakat Umum di Kota Administrasi Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV- 2. Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan kota dengan status red zone dan memiliki kasus konfirmasi positif COVID-19 tertinggi di Provinsi DKI Jakarta, sehingga masyarakat memiliki risiko tinggi untuk terkena COVID-19. Pencegahan penyakit erat kaitannya dengan perilaku. Sampai saat ini, belum ada studi tentang pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan masyarakat umum di Kota Administrasi Jakarta Timur, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan penyakit COVID-19 pada masyarakat di Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional dengan jumlah sampel 480 responden. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 52,5% responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik, secara spesifik dimiliki 58,4% laki-laki, 64,8% tamatan perguruan tinggi, dan 61,5% pemilik penyakit kronis. Selain itu, sikap yang baik dimiliki 53,1% responden, lebih rinci dimiliki 56,9% perempuan, 60,9% tamatan SMP, dan 56,4% pemilik penyakit kronis. Praktik yang baik ditemukan pada 54,4% responden, terutama pada 57,7% perempuan, 66,8% tamatan perguruan tinggi, 56,4% pemilik penyakit kronis, 61,5% pemilik tingkat pengetahuan yang baik dan 76,9% pemilik sikap yang baik. Kesimpulannya, secara umum masyarakat Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan COVID-19 yang baik. Setiap jenis kelamin dan tingkat pendidikan memiliki proporsi tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan COVID-19 yang berbeda. Sedangkan responden dengan penyakit kronis secara konsisten memiliki tingkat pengetahuan, sikap dan praktik yang baik. Kata Kunci: COVID-19, Pengetahuan, Sikap, Praktik, Pencegahan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82333
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:19 Jan 2021 08:27
Last Modified:19 Jan 2021 08:27

Repository Staff Only: item control page