FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBUGARAN JASMANI PADA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Semarang)

SARAHFATIN, INDAH NISRINA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBUGARAN JASMANI PADA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pegawai instansi pemerintahan yang diserahi tugas untuk melakukan pelayanan publik setiap harinya, sehingga dibutuhkan kebugaran jasmani yang baik untuk produktivitas kerjanya yang efektif dan efisien. Faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada pegawai aparatur sipil negara perlu diketahui, sehingga dapat dilakukan upaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada pegawai aparatur sipil negara di Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian observasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 responden dengan menggunakan teknik Total Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan seputar karakteristik responden, tingkat aktivitas fisik, frekuensi latihan fisik, status merokok, pengetahuan, sikap dan praktik. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariate dan didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada pegawai yaitu usia (p-value = 0,006), jenis kelamin (p-value = 0,025), status indeks massa tubuh (p-value < 0,001), tingkat aktivitas fisik (p-value < 0,001), frekuensi latihan fisik (p-value < 0,001), tingkat pengetahuan (p-value < 0,001), sikap (p-value < 0,001) dan praktik (p-value = 0,013). Akan tetapi variabel status merokok tidak terdapat hubungan yang siginifikan dengan kebugaran jasmani pada pegawai ASN (p-value = 0,13). Kata Kunci: Kebugaran jasmani, Pegawai, Kabupaten Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82306
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jan 2021 09:27
Last Modified:18 Jan 2021 09:27

Repository Staff Only: item control page