KELEMBAGAAN PERTANIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PANGAN (Agriculture Institutions Based on The Local Wisdom to Support Food Agribusiness Development)

prasetyo, edy and Ekowati, Titik (2013) KELEMBAGAAN PERTANIAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PANGAN (Agriculture Institutions Based on The Local Wisdom to Support Food Agribusiness Development). Prosiding Seminar Nasional Agribisnis 2013, 1 (1). pp. 423-432. ISSN 978.602.285.023.6

[img]
Preview
PDF
3795Kb

Official URL: https://drive.google.com/file/d/1rbl9Dg3res9JNacPZ...

Abstract

ABSTRAK Ketahanan pangan adalah terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau. Pengembangan kelembagaan pertanian dan sistem agribisnis mempunyai peran besar dalam menunjang terwujudnya ketahanan pangan yang kokoh. Kelembagaan pertanian dalam pengembangannya perlu diarahkan menjadi kelembagaan ekonomi dengan tujuan meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha, serta meningkatkan posisi dan kekuatan tawar petani. Melalui pembinaan kelembagaan ekonomi, petani sebagai pelaku utama akan diorganisir dan ditingkatkan kemampuannya melalui pengembangan kapasitas manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan (enterpreneur). Kelembagaan ekonomi petani idealnya memenuhi prinsip spesifik lokal, prinsip pemberdayaan, dan prinsip kemandirian. Pengembangan agribisnis pangan harus senantiasa memperhatikan masing-masing subsistem di dalamnya, serta memperhatikan karakteristik usaha pada tingkat petani, termasuk kearifan lokal. Di samping itu juga diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan peranan dan tugas organisasi kelembagaan pertanian, kemanfaatan peraturan dan regulasi pemerintah yang pro petani, serta meningkatkan pemahaman petani melalui pelatihan (on job training). Kata kunci: kelembagaan pertanian, kearifan lokal, agribisnis pangan.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82298
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2021 23:34
Last Modified:15 Jan 2021 23:34

Repository Staff Only: item control page