PRODUKTIVITAS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG RAKYAT BERDASARKAN BANGSA SAPI DI JAWA TENGAH (Beef Cattle Fattening Productivity Based on Cattle Breed in Central Java)

prasetyo, edy and Ekowati, Titik and Mukson, Mukson and Roessali, Wiludjeng (2016) PRODUKTIVITAS USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG RAKYAT BERDASARKAN BANGSA SAPI DI JAWA TENGAH (Beef Cattle Fattening Productivity Based on Cattle Breed in Central Java). Seminar Nasional dan Musyawarah Nasional I PERSEPSI Peran Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan dalam Pembangunan Peternakan Indonesia, 1 (1). pp. 92-98. ISSN 978-979-1215-27-5

[img]
Preview
PDF
2238Kb

Official URL: https://dokumen.tips/documents/prosiding-seminar-n...

Abstract

Penggemukan sapi potong rakyat banyak diusahakan di Provinsi Jawa Tengah dan pada umumnya belum memperhatikan prinsip-prinsip ekonomi usaha. Kondisi tersebut apabila berlanjut akan berdampak negatif terhadap kuantitas produksi yang dihasilkan, dan pendapatan peternak. Tujuan penelitian adalah: (i) mengkaji kuantitas produksi (pertambahan bobot badan ternak) pada usaha penggemukan sapi potong rakyat; dan (ii) menganalisis faktor-faktor produksi yang mempengaruhi kuantitas produksi pada usaha penggemukan sapi potong rakyat. Penelitian dilakukan pada lima wilayah kabupaten sentra pengembangan sapi potong di Jawa Tengah (yaitu Kabupaten Blora, Rembang, Grobogan, Wonogiri, dan Kabupaten Boyolali), dan sebagai elementer unitnya adalah usaha penggemukan sapi potong rakyat. Penelitian menggunakan metode survai, sedangkan penentuan sampel sebanyak 165 responden dilakukan menggunakan metode multi stage quota sampling. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda (fungsi produksi model Cobb-Douglas). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata produktivitas usaha penggemukan sapi potong rakyat pada bangsa Peranakan Ongole (PO) sebesar 0,41 kg/hari, Persilangan Simental - PO (SPO) sebesar 0,84 kg/hari, dan Persilangan Limousine – PO (LPO) sebesar 0,94 kg/hari. Kuantitas produksi (pertambahan bobot badan ternak) dipengaruhi oleh jumlah sapi yang diusahakan, bobot badan bakalan, lama waktu penggemukan, dan curahan tenaga kerja, sedangkan jumlah hijauan pakan ternak, dan pakan konsentrat tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot badan ternak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produktivitas usaha penggemukan sapi potong rakyat masih dalam katagori rendah, hal ini karena usaha penggemukan sapi potong rakyat masih diusahakan secara tradisional yang tercermin dari jumlah faktor-faktor produksi yang dialokasikan belum optimal. Kata kunci: produktivitas, faktor-faktor produksi, sapi potong rakyat.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82294
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2021 22:31
Last Modified:15 Jan 2021 22:31

Repository Staff Only: item control page