EVALUASI PENERAPAN SISTEM RUJUKAN ONLINE BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG

RAMADHAN, HELA AYU (2020) EVALUASI PENERAPAN SISTEM RUJUKAN ONLINE BPJS KESEHATAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Guna mengatasi permasalahan yang terjadi dalam penerapan sistem rujukan berjenjang, BPJS Kesehatan membuat inovasi berupa sistem rujukan online yang akan memberikan kemudahan dan kepastian dalam mendapatkan layanan rujukan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dari Peserta BPJS Kesehatan. Namun, tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan belum diketahui hingga saat ini dikarenakan belum terdapat evaluasi terhadap penerapan sistem rujukan online khususnya di Kota Semarang.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem rujukan online BPJS Kesehatan di Kota Semarang dari sisi Peserta BPJS Kesehatan dengan menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan kepuasan pengguna. Variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini mengacu pada teori UTAUT dan teori kesuksesan sistem informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang merasa puas terhadap penerapan sistem rujukan online baru mencapai 54% dikarenakan efisiensi administrasi dan efektivitas sistem rujukan online dalam mengurangi antrian masih belum optimal. Hasil analisis statistik menunjukkan variabel yang berhubungan dengan user satisfaction terhadap penerapan sistem rujukan online adalah performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, dan information quality dengan p-value <0,05. Disarankan kepada BPJS Kesehatan untuk menetapkan indikator dari kepuasan peserta BPJS terhadap penerapan sistem rujukan online, mengintegrasikan sistem rujukan online dengan sistem pendaftaran pada fasilitas kesehatan rujukan guna meningkatkan persepsi peserta BPJS Kesehatan terhadap efisiensi sistem, serta memastikan ketersediaan fasilitas pendukung. Kata Kunci: Kepuasan, Sistem Rujukan Online, BPJS Kesehatan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82259
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jan 2021 09:00
Last Modified:13 Jan 2021 09:00

Repository Staff Only: item control page