FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE MAHASISWA SEBAGAI BENTUK PENCEGAHAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO)

ESTHEVYANI, NADIRA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE MAHASISWA SEBAGAI BENTUK PENCEGAHAN DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Pada awal tahun 2020, COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemi. Pencegahan utama yang dapat dilakukan ialah dengan menjaga kualitas kebersihan pribadi karena virus penyebab COVID-19 ditularkan melalui percikan droplets dan sangat mudah untuk masuk ke dalam tubuh seseorang. Hal ini menjadi perhatian pada kelompok rentan seperti kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa perantauan yang harus melakukan karantina mandiri baik di indekos, asrama, maupun rumah kontrakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik personal hygiene mahasiswa Universitas Diponegoro sebagai bentuk pencegahan dalam situasi pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan obervasional analitik menggunakan pendekatan cross-sectional pada 442 responden. Penentuan sampel menggunakan proportional random sampling dengan pengambilan data melalui kuesioner online yang dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil yang didapat bahwa ada hubungan antara jenis kelamin (p=0,001), sikap tentang praktik personal hygiene (p=0,001), dukungan sosial (p=0,001), dan akses informasi (p=0,001) dengan praktik personal hygiene. Praktik personal hygiene kurang baik pada mahasiswa Universitas Diponegoro lebih banyak ditemukan pada mahasiswa berjenis kelamin laki-laki dan sikap tentang praktik personal hygiene yang kurang baik. Kata kunci : kebersihan pribadi, pencegahan COVID-19, mahasiswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:82256
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Jan 2021 08:33
Last Modified:13 Jan 2021 08:33

Repository Staff Only: item control page