ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME EKSPOR KENTANG PADA PT BUMI SARI LESTARI KABUPATEN TEMANGGUNGJAWA TENGAH

Faisal, Agus (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME EKSPOR KENTANG PADA PT BUMI SARI LESTARI KABUPATEN TEMANGGUNGJAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
1562Kb
[img]
Preview
PDF
1411Kb
[img]
Preview
PDF
1430Kb
[img]
Preview
PDF
1652Kb
[img]
Preview
PDF
1664Kb
[img]
Preview
PDF
1512Kb
[img]
Preview
PDF
1526Kb
[img]
Preview
PDF
1950Kb

Abstract

Ekspor merupakan kegiatan perdagangan atau menjual barang ke negara lain dengan sistem yang telah disepakati bersama. PT Bumi Sari Lestari merupakan salah satu eksportir hortikultura, sehingga perlu diketahui berapa volume ekspor dan faktor apa saja yang mempengaruhi volume ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang dapat mempengaruhi volume ekspor kentang PT Bumi Sari Lestari, Temanggung, Jawa Tengah dan meramalkan ekspor kentang beberapa tahun kedepan (2020-2021). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2020 yang berlokasi di PT Bumi Sari Lestari, Temanggung, Jawa Tengah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penentuan Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive).Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer (wawancara) dan data sekunder selama 5 tahun terakhir (data perusahaan dan instansi terkait tahun 2015-2019). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik dengan analisis regresi linier serta analisis trend. Variabel yang dianalisisantara lain permintaan, harga ekspor, harga lokal Jawa Tengah, produksi kentang, inflasi, kurs dan dummy jumlah importir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekspor kentang rata-rata per tahun sebesar 595,849 kg. Variabel permintaan, harga ekspor kentang serta harga kentang lokal, inflasi dan kurs dollar ASsecara serempak mempengaruhi volume ekspor kentang.Variabel permintan, harga lokal dan inflasi berpengaruh secara parsial terhadap volume ekspor kentang, sedangkan variabel harga ekspor, kurs dan jumlah importir tidak berpengaruh secara parsial terhadap volume ekspor kentang. Hasil peramalan ekspor kentang PT Bumi Sari Lestari pada tahun 2020 dan 2021 berturut-turut sebagai berikut 572.074 kg dan 301.818 kg. Kata Kunci : Ekspor, kentang, inflasi, permintaan, trend.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:82141
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Jan 2021 19:05
Last Modified:01 Jan 2021 19:05

Repository Staff Only: item control page