ANALISIS KETELITIAN POINT CLOUDS KOMBINASI TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER DAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (STUDI KASUS: DEKANAT LAMA FAKULTAS TEKNIK)

RAMADHANI, SEKAR MELATI and PRASETYO, YUDO and Bashit, Nurhadi (2020) ANALISIS KETELITIAN POINT CLOUDS KOMBINASI TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER DAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (STUDI KASUS: DEKANAT LAMA FAKULTAS TEKNIK). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

618Kb

Abstract

ABSTRAK Point clouds adalah kumpulan titik yang memiliki informasi koordinat X, Y, Z, biasa digunakan sebagai acuan 3 dimensi baik untuk pembuatan Digital Elevation Model (DEM), Digital Surface Model (DSM) modelling atau meshing. Teknologi untuk membuat model 3D dan mesh pada saat ini semakin berkembang, sehingga tuntutan pembuatan model 3D atau mesh semakin diperhatikan ketelitiannya. Ketelitian model 3D dan mesh bergantung pada ketelitian point clouds, semakin teliti point clouds, semakin teliti pula model 3D atau mesh yang dibuat, sehingga perlu adanya penelitian untuk mengetahui ketelitian point clouds. Akuisisi point clouds dapat dilakukan menggunakan beberapa metode yang memiliki karakteristik berbeda. Pemilihan metode dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal bergantung pada tantangan pekerjaan yang ada. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah berdasarkan kondisi geografis wilayah contohnya pada wilayah yang sempit, dimana sulit untuk dilakukan akuisisi data secara sempurna pada kasus ini Terrestrial Laser Scanner (TLS) untuk akuisisi gedung di daerah yang sempit akan sulit mendapatan data bagian atap karena keterbatasan arah gerak. Peneliti memberi solusi untuk mengkombinasikan TLS untuk data bagian sisi gedung dengan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) melengkapi data bagian atap gedung. Penelitian ini fokus untuk mengetahui kualitas dan ketelitian kombinasi point clouds hasil akuisisi UAV DJI Phantom 4 Pro pada bagian atap Dekanat Lama Fakultas Teknik dengan point clouds hasil akuisisi data menggunakan TLS Leica BLK360 pada bagian sisi Dekanat lama fakultas teknik. Data UAV diolah sampai membentuk point clouds, kemudian data TLS diolah dan dikombinasikan dengan data point clouds UAV menggunakan metode cloud to cloud sehingga terbentuk kombinasi Point clouds Dekanat Lama Fakultas Teknik bagian atap dan sisi gedung. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa kombinasi UAV dan TLS saling melengkapi dan memiliki ketelitian kombinasi point clouds Terrestrial Laser Scanner dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Dekanat Lama Fakultas Teknik yang baik dengan RMSE jarak sebesar 0,036 m dan RMSE ICP antara lain RMSEx 0,044m, RMSEy 0,027, RMSE 0,066 RMSExy 0,052 dan RMSExyz 0,084 m. Kata Kunci: Ketelitian, Kombinasi, Point Clouds, Terrestrial Laser Scanner, Unmanned Aerial Vehicle

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:A General Works > AI Indexes (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:82136
Deposited By:Admin geodesi undip
Deposited On:01 Jan 2021 19:05
Last Modified:01 Jan 2021 19:05

Repository Staff Only: item control page