PENGARUH BOARDGAME ‘GERMAS GAME’ DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT PADA REMAJA PEREMPUAN (Studi Pada Siswi Kelas 8 SMPIT Daarussalaam, Sangatta, Kalimantan Timur)

NABILA, BILQIS (2020) PENGARUH BOARDGAME ‘GERMAS GAME’ DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT PADA REMAJA PEREMPUAN (Studi Pada Siswi Kelas 8 SMPIT Daarussalaam, Sangatta, Kalimantan Timur). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Abstract

Kelompok usia remaja memiliki perilaku berisiko yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dalam dekade mendatang seperti penyakit tidak menular. Program pencegahan perilaku risiko dengan pemahaman karakteristik remaja, dapat membantu remaja meningkatkan kesadaran akan perilaku sehat dan perubahan perilaku bagi remaja dengan PTM fase dini.Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia sehat dan mencegah terjadinya PTM. Studi ini menggunakan Boardgame Germas Game dan metode ceramah untuk memberikan informasi kesehatan secara komprehensif. Subjek penelitian ini merupakan 40 siswi kelas 8 SMPIT Daarussalaam, Sangatta, Kalimantan Timur. Kelompok kontrol diberikan intervensi melalui metode ceramah saja. Kelompok eksperimen mendapatkan boardgame Germas Game sebagai pelengkap intervensi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan pada pengetahuan antara kelompok kontrol dan eksperimen (mean=6.05;p=0,000). Data menunjukkan peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen (mean=14,45) lebih besar dari peningkatan pengetahuan pada kelompok kontrol (mean=8,4). Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan yang signifikan pada sikap antara kelompok kontrol dan eksperimen (mean=4,35;p=0,000). Dapat disimpulkan intervensi dengan ceramah dan bermain boardgame Germas Game lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja. Kata kunci : remaja, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), metode ceramah, boardgame

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81978
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2020 13:53
Last Modified:08 Dec 2020 13:53

Repository Staff Only: item control page