ANALISIS STIMULUS PEMASARAN PRODUK KOPI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KAFE SEMASA SEMARANG)

permatasari, septia ayu and prasetyo, edy and Santoso, Siswanto Imam (2021) ANALISIS STIMULUS PEMASARAN PRODUK KOPI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KAFE SEMASA SEMARANG). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis JEPA , 5 (3). pp. 1-14. ISSN 2614-4670

[img]
Preview
PDF
568Kb
[img]
Preview
Image (JPEG)
42Kb

Official URL: https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/issue/archive

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui pengaruh stimulus pemasaran terhadap kepuasan konsumen, (ii) pengaruh stimulus pemasaran terhadap loyalitas konsumen, (iii) pengaruh stimulus pemasaran terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, serta (iv) mengetahui tingkat kepuasan konsumen Kafe Semasa di Kota Semarang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Kafe Semasa dipilih sebagai lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa Kafe Semasa memiliki konsep outdoor café, pemanfaatan bangunan kecil di sudut ruko, dan tidak memiliki fasilitas wifi namun tetap memiliki jumlah pelanggan yang banyak. Jumlah sampel ditentukan menggunakan quota sampling sebanyak 110 pelanggan Kafe Semasa sebagai responden, sedangkan penentuan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Kriteria responden adalah konsumen yang membeli produk kopi di Kafe Semasa dengan kunjungan sebanyak minimal tiga kali dalam sebulan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara berdasarkan kuesioner yang telah dipersiapkan. Data dianalisis menggunakan path analysis, importance performance analysis (IPA) dan costumer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian diketahui bahwa harga, kualitas pelayanan, dan promosi memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan dan promosi melalui kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen produk kopi Kafe Semasa. Tingkat kepuasan konsumen kafe Semasa adalah 85,2% yang berarti konsumen berada dalam kriteria sangat puas. Kata Kunci : kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, stimulus pemasaran

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:81969
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2020 11:31
Last Modified:08 Dec 2020 11:31

Repository Staff Only: item control page