PERSEPSI MAHASISWI DALAM MELAKUKAN VAKSINASI HPV (HUMAN PAPILLOMAVIRUS) DALAM UPAYA PENCEGAHAN KANKER SERVIKS (Studi pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro)

AGUSTIN, SHEILA WIDI (2020) PERSEPSI MAHASISWI DALAM MELAKUKAN VAKSINASI HPV (HUMAN PAPILLOMAVIRUS) DALAM UPAYA PENCEGAHAN KANKER SERVIKS (Studi pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Abstract

Kanker saat ini merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung di dunia dan salah satu kanker yang kerap terjadi khususnya pada kaum perempuan adalah kanker serviks. hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro adalah fakultas yang mahasiswanya mayoritas berjenis kelamin perempuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro mengenai vaksinasi HPV yang bertujuan untuk mencegah kanker serviks. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectionalPopulasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi S-1 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang dengan jumlah total 1.278 mahasiswi kemudian sampel diambil sebanyak 93 mahasiswi menggunakan metode Propotionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Sebagian besar responden berada pada tingkat perkuliahan akhir (50.5%) dan berada pada usia 20 tahun (24.8%) serta hanya sebesar (1.1%) saja yang sudah melakukan vaksinasi HPV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat (p=0.027) dan persepsi hambatan (p=0.033) memiliki hubungan dengan persepsi mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro mengenai vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks yang berarti bahwa manfaat dan hambatan yang dirasakan responden memiliki pengaruh terhadap persepsi responden. Disarankan kepada responden untuk lebih menggali informasi yang lebih mengenai vaksinasi HPV dan kanker serviks. Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswi, Vaksinasi HPV

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:81886
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Nov 2020 10:29
Last Modified:23 Nov 2020 10:29

Repository Staff Only: item control page