HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS SISWA SMP N 32 SEMARANG

Salsabila, Anisa Fitri and Febriyanti , Dinni Asih (2020) HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS SISWA SMP N 32 SEMARANG. Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Asertivitas Siswa SMP N 32 Semarang .

[img]
Preview
PDF
313Kb

Abstract

HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS PADA SISWA SMP N 32 SEMARANG Anisa Fitri Salsabila 15010116130140 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan asertivitas siswa SMP Negeri 32 Semarang. Asertivitas adalah tingkat kemampuan mengkomunikasikan keinginan, perasaan, dan pikiran kepada orang lain tanpa rasa cemas sesuai dengan kondisi diri sendiri, dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain dan pertimbangan positif mengenai baik dan buruknya sikap yang akan dimunculkan. Regulasi emosi adalah tingkat kemampuan individu untuk mengenali, menilai, dan mengubah kondisi emosional dalam dirinya. Proses tersebut mempengaruhi reaksi fisiologis, cara berpikir, dan respon emosi. Populasi penelitian ini diberikan pada siswa kelas 7 SMP Negeri 32 Semarang berjumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Asertivitas (33 aitem, α = 81,9% ) dan Skala Regulasi Emosi (15 aitem, α = 66,7%). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara regulasi emosi dan asertivitas sebesar rxy = 0,669 dan p = 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian terdapat hubungan positif antara regulasi emosi dengan asertivitas pada siswa kelas 7 SMP Negeri 32 Semarang. Regulasi Emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 44,7 % dalam memprediksi asertivitas, sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Regulasi Emosi, Asertivitas, Siswa.

Item Type:Article
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:81789
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Sep 2021 10:19
Last Modified:28 Sep 2021 10:19

Repository Staff Only: item control page